Mengapa artikel tentang injeksi honda?
Jawabannya : karena mulai tahun 2013 dan seterusnya honda akan terus mengeluarkan produk injeksi bahkan bukan cuma honda tetapi para competitornya pun akan melakukan demikian,tetapi disini saya hanya akan membahas tentang produk injeksi honda saja ,kerena saya sempat bergabung di honda sebagai mekanik selama 4 tahun ,jadi lumayan lah ada sedikit pengetahuan tentang cara merawat honda,makanya pengetahuan yang sedikit itu ingin saya bagi kepada para penggemar setia honda dimanapun berada agar wawasan anda tentang honda lebih luas.
Ok disini saya akan membahas cara mengukur tekanan bahan bakar pada injeksi supra x 125 F1 ,tetapi mungkin bisa juga diterapkan pada semua sepeda motor honda injeksi merk lainnya,karena saya lihat cara kerjanya hampir sama ,tetapi disini saya hanya membahas supra x 125 F1 yang pernah saya tangani sewaktu masih bekerja di bengkel honda.
hal hal yang perlu anda lakukan untuk memeriksa tekanan bahan bakar adalah sebagai berikut :
1. pertama melepas fuel pump conektor( letaknya diatas tangki bensin,biasanya socket berwarnah putih)
2.lalu hidupkan mesin atau tekan tombol stater sebanyak 5x lalu matikan mesin
3.selanjutnya lepaskan fuel feed hose ( letaknya berhadapan dengan fuel pump conketor ,biasanya warna socketnya hitam )
4.setelah terlepas selanjutnya siapkan spesial tools seperti gambar dibawah ini
5.Lalu anda rangkai spesial tool dengan urutan sebagai berikut
- masukkan ujung fuel press gauge kedalam lubang yang ada pada ATT fuel press gauge lalu putar hingga kencang kalau perlu gunakan kunci pas untuk menguatkan
- pasang ujung selang fueld feed hose yang pertama sebagai pengganti ditempat anda melepas fuel feed hose ( lihat gambar di atas pada point ke 3)
- kemudian ujung selang fuel feed hose yang ke dua anda masukkan kedalam lengan atau batang ATT fuel press gauge
- lalu fueld feed hose yang yang anda lepas tadi pada point ke 3 diatas , anda masukkan juga kelengan atau batang yang satunya pada ATT fuel press gauge
- lalu anda pasang kembali fuel pump conektor yang anda lepas pada point pertama tadi
294 kpa( 3.0 kgf/cm 2,34 psi ) menghampiri angka 300 pada fuel press gauge,bila mana tidak sesuai dengan ukuran tersebut berarti tekanan pada behan bakar injeksi bermasalah ,dan artinya itu harus dilakukan perbaikan
7.apabila sesuai dengan ukuran standar maka tekanan bahan bakar anda normal saja
8.setelah mengetahui ukuran tersebut anda diharuskan melepas semua spesial tool dengan urutan seperti ini:
- matikan mesin terlebih dahulu
- lalu lepas fuel pump conektor
- kemudian nyalakan kembali mesin anda sampai tidak bisa berbunyi lagi
- kalau belum sampi pada ukuran 100 kpa ,anda diharuskan untuk terus menstater sepeda motor anda sampai ukuran pada fuel press gauge menunjukkan angka 100 kpa
- setelah sampai pada angka 100 kpa,anda wajib melepas semua spesial tools dengan urutan pelepasan adalah kebalikan dari urutan pemasangan ,yang artinya mana yang terahir anda pasang tadi ,itu yang pertama anda lepas
- setelah semua spesial tool terlepas ,yang pertama anda pasang adalah fuel feed hose ,lalu di ikuti dengan pemasangan fuel pump conektor pada tempatnya semula
- nah selesai ....
jadi cukup sekian dulu apabila ada kata kata saya yang salah di atas mohon untuk dimaafkan
saya hanya manusia biasa yang tak luput dari berbagai kesalahan.
Terima kasih atas kunjungan anda di Blog Parepare,salam blogger
Klau tekanan fuel pump diats 300 hingga 400 gmna tu bg?
BalasHapusMana saya tau
HapusBeli yg baru aja gan :v
Hapuskalo diatas tidak apa - apa, tp kalo dibawah standar harus diganti yang baru karena pompa bahan bakar sudah lemah.
HapusNamun yang harus diperhatikan bila tekanan berlebih adalah tahanan selang bahan bakar harus benar2 fit, tidak retak takutnya nanti tidak kuat dan pecah.
logikanya kalo tekanan besar otomatis daya semprot injector menjadi lebih kuat dan bahan bakar yang masuk ke ruang bakar lebih banyak.
tapi saya belum pernah m,enemukan ada tekanan injector melebihi standart terlalu banyak seperti itu
Klo kita salah dalam melakukan prosedur pengecekan nya apa yg terjadi
BalasHapus